7 Tips Sukses Kerja Dalam Dunia StartUp. Bikin Karirmu Level Up!

Katuju.id - Perkembangan dunia kerja semakin hari semakin beragam. Termasuk ketika teknologi menjadi bagian penting sebuah perusahaan, munculah sebuah istilah yang kita kenal sekarang ini yaitu perusahaan startup.

Di Indonesia sendiri perusahaan startup sudah semakin banyak tercipta, contohnya ada Tokopedia, Go-Jek, hingga yang baru tenar sekarang ini Shopee. Namun, jika dilihat secara terminologi, kata startup dulu digunakan untuk menjelaskan perusahaan rintisan yang baru berkembang.

Tapi, seiring berjalannya waktu istilah startup pun berubah dan menjadi perusahaan yang berinovasi di bidang kreativitas, terutama di dunia digital dan teknologi.

Namun untuk sukses kerja di startup tentu saja berbeda dengan di perusahaan biasa. Sehingga kamu membutuhkan tips sukses kerja yang lebih relevan untuk diaplikasikan di kalangan pekerja startup.

Bisa dicoba, 7 tips sukses kerja ini bikin karir di perusahaan startup menanjak.

Setiap pekerjaan itu tidaklah mudah, begitu pula dalam dunia startup. Tapi kamu bisa kok mencapai kesuksesan di startup dan tidak kalah dengan pekerjaan konvensional lainnya.

Penasaran? Yuk, langsung kamu simak aja!

1 - Pemikiranmu harus terbuka dengan banyak hal

Pemikiranmu harus terbuka dengan banyak hal
Gambar via elitedaily.com

Dalam dunia startup, kamu harus bisa membuka pikiran dengan banyak hal. Hal inilah yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja startup.

Sikap yang open minded akan membuatmu mencapai kreativitas yang lebih luas. Hal ini yang juga akan membuatmu lebih banyak ide agar perusahaan bisa terus berkembang dari tahun ke tahun.

Hal ini juga akan mempengaruhi keberlangsungan pekerjaanmu karena perusahaan startup selalu berkembang dengan cepat sesuai dengan majunya teknologi dan pasar.

2 - Jadikan orang di sekitarmu sebagai mentor

Jadikan orang di sekitarmu sebagai mentor
Gambar via lifemeetswork.com

Biasanya atasan atau orang yang bekerja lebih lama dari kita menjadi musuh dalam pekerjaan. Namun, ketika kamu berada dalam dunia startup, jangan pernah merasa atasan dan orang yang ada disekitarmu sebagai lawan.

Jadikan mereka sebagai guru dan mentor karena dunia startup itu begitu luas dan dalam. Sehingga, masukan dan saran dari mereka akan membantumu bertahan dan berkembang dalam dunia kerja startup.

3 - Santai saja dan jadilah periang

Santai saja dan jadilah periang
Gambar via unsplash.com

Berbeda dengan dunia kerja kantor konvensional yang kaku dan penuh dengan rutinitas yang sama. Dalam dunia startup kamu harus bisa lebih santai dan tidak kaku.

Kamu juga tidak perlu memakai pakaian yang rapi setiap saat atau harus bersepatu hitam ketika masuk kerja. Kamu harus bisa menjaga mood dan tetap ceria ketika bekerja. Yup, attitude dalam dunia startup sangat penting untuk diperhatikan.

4 - Buat dan ciptakan invoasi dari ide yang kamu miliki

Buat dan ciptakan invoasi dari ide yang kamu miliki
Gambar via creativeboom.com

Dalam perusahaan konvensional kadang kita tidak memiliki banyak kesempatan untuk berkreasi, terutama ketika masih menjadi first jobber. Namun, ketika kamu ada dalam dunia startup, itu semua menjadi mungkin.

Hal inilah yang membuat orang sukses dan berhasil saat bekerja dalam dunia startup. Mereka menyampaikan ide gila mereka dan menciptakan inovasi yang sebelumnya tidak pernah dilakukan. Tidak heran, banyak perusahaan startup yang diisi dengan orang-orang kreatif.

5 - Membangun relasi

Membangun relasi
Gambar via unsplash.com

Dalam dunia startup kamu akan lebih mudah membangun relasi, terutama dengan orang-orang di luar negeri. Jadi, ini bisa menjadi salah satu cara kamu menjadi sukses dalam dunia startup.

Luasnya area startup membuatmu memiliki banyak kesempatan untuk mengenal orang-orang baru, baik itu lokal maupun global. Dengan terbangunnya relasi yang kuat, kamu bisa memiliki banyak kesempatan untuk mengembangkan karir menuju perusahaan big company seperti Google.

6 - Harus selalu menjaga jiwa muda

Harus selalu menjaga jiwa muda
Gambar via cos-mag.com

Perusahaan startup biasanya menjadikan pasar anak muda sebagai targetnya. Hal ini tidak lepas dari kebiasaan anak muda yang lebih dekat dan bersinggungan langsung dengan teknologi.

Untuk itu, kamu juga harus selalu up to date dan selalu apa yang anak muda inginkan. Jangan pernah hilangkan jiwa mudamu dan menjadi dewasa terlalu cepat.

7 - Tidak takut menghadapi tantangan

Tidak takut menghadapi tantangan
Gambar via blogs.surrey.ac.uk

Persaingan dunia startup kadang sedikit kejam dan berat. Hal inimembebani banyak pekerja baru yang terjun di startup.

Namun, ketika kamu tidak takut dan mencoba menghadapi tantangan tersebut, maka kesuksesanmu akan segera terwujud.

Ketika kamu bekerja keras dan mencoba masuk lebih dalam pada pekerjaanmu, maka kamu sudah berada dekat dengan kesuksesan. Hal ini juga berlaku ketika kamu berada dalam dunia kerja startup yang dikenal santai dan luwes.

Jika kamu tertarik masuk dalam dunia startup dan ingin sukses didalamnya, maka tips-tips sukses kerja di atas harus kamu coba!


Sumber : https://today.line.me/id/pc/article/7+Tips+Sukses+Kerja+Dalam+Dunia+StartUp+Bikin+Karirmu+Level+Up-20p0ZB

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.