‘Uang’ Masa Depan: Akan Seperti Apa Nantinya?

Katuju.id - Saat orang-orang berlomba-lomba untuk ngumpulin duit, mungkin banyak yang ngga sadar satu hal: duit sendiri itu bisa berubah. Udah mulai banyak istilah, ‘duit baru’ yang katanya bisa gantiin duit kita. Bener nggak sih? Dan makanya, dalam pembahasan kali ini, kita akan ngebahas pertanyaan itu, yaitu, kalo duit berubah, akan seperti apa nanti bentuk duit kita?

Kalo sekarang ditanya, jenis uang mah banyak banget. Ada yang bisa sebutin apa aja?
Kalo sekarang ditanya, jenis uang mah banyak banget. Ada yang bisa sebutin apa aja?

Ngomongin soal bentuknya… itu bisa macem-macem! Karena pada dasarnya duit itu dibikin, biar kita gampang tukeran barang. Supaya, kita biar nggak berantem, dan bisa sepakat ini nilainya berapa, dan ini nilainya berapa?

Lebih suka pake kartu atau bayar tunai?
Lebih suka pake kartu atau bayar tunai?

Dan faktanya, sepanjang sejarah, duit itu dibuat dengan bentuk yang macem-macem. Asal semua orang sepakat itu jadi duit. Nah ini lah yang bikin duit, yang pada akhirnya bisa berubah bentuk. Dan, bentuk duit itu sebenernya, menyesuaikan kebutuhan masyarakat yang pake!

Begitupun juga di jaman apa-apa serba teknologi kayak sekarang. Nggak usah jauh-jauh ke wilayah maju kayak Amerika atau Eropa. Sekarang aja di Tiongkok contohnya, semua orang di perkotaan udah males pake duit kertas.

Siapa yang kalau ngga punya uang, ngeluh banget karena ngga bisa belanja-belanja beginian
Siapa yang kalau ngga punya uang, ngeluh banget karena ngga bisa belanja-belanja beginian

Entah itu, bayar makan, naik bis, beli minuman, beli gorengan. Apapun! Itu semua karena apa-apa bisa lewat HP, jadi semuanya lebih gampang, bikin orang udah males bawa duit kertas. Dan ini terus terjadi di seluruh dunia! Lalu, bagaimana dengan negara kita tercinta ini?

Jawabannya, kita pun mungkin, cepat atau lambat, akan ikut kemajuan itu. Orang-orang pun mulai sadar, daripada bawa duit banyak-banyak terus dicopet, pengeluaran ini itu ngga pernah kecatet, kelewatan terus bayar tagihan bulanan, daripada nunggu antrian yang lama banget di bank kayak ikut antrian nunggu sembako, atau kena beban biaya administrasi tiap bulan.

Lama-lama bosen juga ya, nunggu tanpa kejelasan gini
Lama-lama bosen juga ya, nunggu tanpa kejelasan gini

Orang-orang mungkin udah mulai beralih dari bank fisik, karena lebih gampang dan murah untuk ngapa-ngapain. Dan mungkin, revolusi itu pun ngga cuma ada di Tiongkok dan India, tapi juga sedang datang menerjang ke Indonesia.

Tapi, apa jadinya di masa, masa, masa depan? Jauh ke depan? Hmmm, sebenarnya nggak ada yang benar-benar tahu pasti, akan seperti apa uang kita, jauh di masa depan. Ada yang bilang bentuknya jadi Cryptocurrency–duit digital yang ngga perlu diatur sama bank atau negara.

Apa ini?
Apa ini?
Dengan chip ini bisa bayar-bayar sesuatu. Hmmmm...
Dengan chip ini bisa bayar-bayar sesuatu. Hmmmm…

Terus, ada lagi yang bilang, nanti bentuknya itu bisa jadi sebuah chip yang dipasang di tangan. Apapun itu, pasti bentuknya ngga kayak orang-orang jaman dulu pernah bayangkan!

Tapi balik lagi, apapun bentuknya itu, bentuk duit akan selalu menyesuaikan kebutuhan masyarakat yang pake–termasuk di era digital kayak sekarang. Asalkan, jangan ganti duitnya jadi daun–karena kalo gitu, nggak akan ada lagi orang yang kerja di dunia, karena semuanya bakal pada sibuk nanam pohon sebanyak-banyaknya–biar kaya.

Apapun yang kita tanam sejak muda, akan berbunga saat kita tua nanti. Jangan boros ya!
Apapun yang kita tanam sejak muda, akan berbunga saat kita tua nanti. Jangan boros ya!

Dan seperti biasa, stay curious ya, terima kasih.

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.