Lima Perusahaan Game Asal Indonesia Yang Mendunia

Katuju.id - Perusahaan game asal Indonesia rupanya tidak kalah dengan perusahaan-perusahaan game dari luar negeri. Berbagai game yang terkenal di dunia ternyata dikembangkan dan didistribusikan dari Indonesia.

Artinya perusahaan-perusahaan game lokal telah mampu menciptakan berbagai permainan menarik. Hal ini bukan hanya menjadi kabar baik bagi para gamer, tetapi juga orang-orang yang ahli dalam membuat game.

Dengan adanya perusahaan game bonafit, maka peluang kerja di bidang ini semakin terbuka lebar. Berikut lima perusahaan game asal Indonesia yang sudah cukup dikenal di dunia.

Agate Studio

Sumber: agate.id
Sumber: agate.id

Agate Studio adalah perusahaan pengembang game Indonesia asal Bandung. Gamepertama yang diluncurkan perusahaan ini adalah Earl Grey dan this Rupert Guy. Setelah itu, Agate juga menciptakan berbagai permainan yang terkenal di antara para gamer seperti Valthirian Arc, Football Saga, Sexy Witch, Teka Teki Santai, Vroom, Game Dilan, dan sebagainya. Menurut Kincir.com, Agate sudah menyiapkan proyek game mobileterbaru dengan karakter robot seperti Gundam yang akan diluncurkan tahun 2019.

Bekerja di perusahaan yang menjanjikan seperti Agate Studio tampaknya menyenangkan, apalagi buat orang yang memang punya keahlian dan hobi membuat game. Hal ini bisa tergambar dari review yang disampaikan sejumlah karyawan Agate Studio di review Qerja. Mereka mengungkapkan bagaimana budaya perusahaan membuat pekerjaan terasa menyenangkan. Namun, perusahaan yang baru didirikan pada 2009 ini belum bisa menjanjikan jenjang karir seperti yang diharapkan pekerja.

 

Touchten Games

Sumber: animationxpress.com
Sumber: animationxpress.com

Perusahaan game asal Indonesia yang adalah Touchten Games yang terkenal dengan permainan Sushi Chain yang diunduh 1,2 juta kali di Apple App Store. Selain itu, Touchten juga berhasil menciptakan game yang menjadi top 10 dunia seperti Ramen Chain dan Train Legend. Dengan kiprah perusahaan yang menjanjikan, maka Discovery Nusantara Capital tertarik untuk mendanai Touchten Games pada 2016 lalu.

Kesuksesan Touchten didukung oleh kinerja karyawan yang merasa senang bekerja di perusahaan tersebut karena lingkungan yang nyaman, seru dan santai. Seorang Game Programmer yang bekerja di Touchten menuliskan review di Qerja dan menggambarkan suasana kerja yang casualfun dan atasan yang sudah seperti keluarga sendiri. Meski begitu, berdasarkan curahan hati karyawan yang diungkapkan pada 2015 masih mengeluhkan standar kerja perusahaan yang masih belum pasti.

 

Megaxus

Sumber: pasargame.id
Sumber: pasargame.id

PT Megaxus Infotech adalah publisher dan pengembang games asal Indonesia yang didirikan pada 2006. Selain membuat game, perusahaan ini juga menerbitkan video game yang dibuat developer lain. Salah satu game terkenal yang didistribusikan oleh Megaxus yaitu AyoDance. Selain itu, perusahaan ini juga merilis game menarik lainnya seperti Lineage II, WarRock, GrandChase, CounterStrike Online, hingga Heroes of Atarsia.

Seperti halnya perusahaan game lain, karyawan Megaxus juga merasa senang bekerja di perusahaan karena lingkungan kerja yang nyaman. Tapi, menurut seorang Game Support yang menuliskan review di Qerja pada 2014, perusahaan belum memberikan tunjangan hari tua.

 

Gemscool

Sumber: pasargame.id
Sumber: pasargame.id

Gemscool adalah platform game yang dikembangkan oleh PT Kreon Indonesia. Dulu, perusahaan ini mendistribusikan Point Blank. Kini, game terkenal dari publisher ini adalah Dragon Nest, Lost Saga, dan Black Squad.

Lagi, lingkungan kerja dan kolega yang ramah menjadi salah satu alasan mengapa karyawan betah bekerja di perusahaan ini. Namun, karyawan masih mengeluhkan sistem kerja di perusahaan. “Kalau ada fitur yang mau diganti, pengerjaannya lama,” demikian pernyataan seorang game master di PT Kreon seperti dikutip dari review Qerja.

 

Garena

Sumber: techinasia
Sumber: techinasia

Garena adalah perusahaan game yang didirikan pada tahun 2009. Awalnya, Garena meluncurkan platform online untuk bertemu, chatting dan bermain game. Kini platformtersebut telah menyediakan berbagai game eksklusif yang populer di Asia Tenggara. Game populer yang diterbitkan oleh Garena adalah Arena of Valor yang dikembangkan Tencent Games.

Salah satu keunggulan kerja di Garena yang dibanggakan karyawannya adalah jam kerja fleksibel. Selain itu, perusahaan juga menyediakan berbagai tunjangan hingga makan siang dan makan malam di kantor.

Demikian beberapa perusahaan game asal Indonesia yang telah mengembangkan dan menerbitkan berbagai game terkenal di dalam negeri hingga mancanegara. Anda tertarik bekerja di perusahaan game?

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.