Lebih Dekat Dengan Pemenang Hackathon 2.0, Tim NNP Ciptakan Aplikasi PARMOR Tekan Angka Kebocoran PAD

Katuju.id - Bermula dari keresahan soal pendapatan asli daerah (PAD) sektor parkir yang kerap bocor di Kota Samarinda. Ketiga anak muda yakni Aco Wahyudi, Muhammad Rizki Nugroho dan Ilham Ilyas. Mahasiswa Politani Samarinda menciptakan aplikasi Parkir Moderen (PARMON).

Aplikasi PARMON sendiri berhasil menyabet juara pertama di Hackathon 2.0 yang digelar Diskominfo Samarinda pada 3-4 Agustus 2019. Ilham Ilyas menjelaskan aplikasi PARMOR ini dikhususkan bagi para juru parkir. Di mana dalam aplikasi PARMON ini para jukir bisa men-scan plat kendaraan mobil atau motor masyarakat. Kemudian di print dan diberikan kepada pengguna jasa parkir.

“Setelah di-scan plat kendaraan dan jenis kendaraan apa. Akan tertera nominal yang mesti dibayar. Misalnya motor akan muncul nominal Rp 2 ribu,” terang Ilham.

Ditambahkan, Aco, aplikasi PARMON ini pun bisa mengetahui jumlah kendaraan motor dan mobil yang dijaga oleh petugas jukir.


“Setiap sekali transaksi bisa diketahui data jumlah kendaraan yang terparkir dan jumlah pendapatannya,” tambah Aco.

Karena aplikasi PARMON ini masih di uji coba pada kawasan Smart City Citra Niaga, sesuai perlombaan Hackathon 2.0. Sehingga mereka pun masih perlu pendalaman lagi. Pasalnya, lomba ini kedua kali mereka mengikuti lomba tersebut. Agar bisa digunakan nantinya oleh masyarakat luas dan menekan kebocoran PAD parkir

Keuntungan lainnya, bagi pengguna kendaraan yang diberikan hasil print parkir lewat aplikasi PARMON. Mereka akan mendapat point setiap berbelanja di lingkungan Citra Niaga.

“Nah, untuk setiap karcis, pointnya berapa itu nantinya dari pihak Citra Niaga yang menentukan,” terangnya.

Lebih jauh, aplikasi PARMON bisa digunakan oleh jukir dibawah naungan Dinas Perhubungan. “Jadi jukir-jukir ini tentunya sudah terdaftar sebelumnya di Dishub,” ungkap Aco.


Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.