Seni Teater Garpu Tala Milik SMK 19 Palaran, Mulai Dari Dicuekin Hingga Kini Dilirik Pelajar

katuju.id - Terbentuk pada tanggal 27 Oktober 2017 silam, kini Seni Teater Siswa (STS) Garpu Tala menjadi ekskul teater andalan dari SMK 19 Palaran. Lucunya, saat awal terbentuk siswa yang mengikuti kesenian ini tidak tahu sama sekali apa itu teater, pasalnya di daerah Palaran masih minim bahkan tidak ada sekolah penggalak kesenian teater. 

Fajri Syamsirani selaku pembina teater Garpu Tala kepada katuju.id bercerita, sejak tahun 2010, disitu awal para siswa dan siswi SMK 19 Palaran mulai tertarik untuk belajar seni teater. Tapi sayangnya saat itu hanya sebagian pelajar. Siswa lain beralasan karena tidak mengerti dengan seni teater. Hingga akhirnya, untuk mengundang yang lain agar tertarik belajar ilmu seni tadi dirinya harus menyelipkan pergertian tentang ilmu teater saat mengajar di kelas.

"Alhamdulillah satu tahun belakangan ini beberapa anak didik dari SMKN 19 sudah mulai mengikuti kesenian teater, walaupun diawal hanya ada sekitar lima orang siswa dan waktu itu sudah berani tampil di acara perpisahan sekolah tapi setidaknya  bisa memberikan pemahaman kepada siswa yang lain apa itu arti seni teater,"tutur Fajri.

Sejauh ini jelas dia, Teater Garpu Tala sudah pernah mengikuti perlomban teater sebanyak dua kali, diantaranya lomba monolog dengan naskah tingkat provinsi Kaltim dan waktu itu berhasil meraih juara 2, serta lomba Apsetra Universitas Mulawarman (Unmul) tingkat Nasional.

“Setidaknya lewat perlombaan yang kami ikuti tadi bisa dijadikan semangat bagi para pelajar untuk terus menjalankan ekskul teater ini,” ujarnya.

Lewat konsep Blaster (Belajar Seni Teater) dengan menerapkan sistem  menginap di sekolah selama satu hari, kini seni teater  Garpu Tala sudah mulai dilirik oleh peserta didik SMKN 19 Palaran

“Alhamdulilah, sekarang jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ekskul ini sudah mencapai 20 orang. Harapan saya semoga ilmu seni teater ini tidak hanya ada di SMK 19 saja melainkan juga bisa diterapkan di sekolah lain yang ada dilingkup Kecamatan Palaran. Mengingat ilmu seni teater merupakan salah satu kesenian yang sebenarnya harus ada disekolah,” Pungkas Fajri.

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.