Tak Jera! Jaang Persiapkan Diri Mencalonkan Jadi Gubernur IKN

Katuju.id - Setelah kalah pertarungan Pilkada 2018 lalu, memperebutkan kursi wahid di Kaltim. Tak membuat, Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang jera. Ini diungkapnya dalam sambutan membuka acara Musyawarah Pertama (I) Kapakat Isen Mulang Kalimantan Timur.

Dengan tema “Mari Tingkatkan Kualitas dan Daya Saing SDM (Putra Daerah) untuk mendukung pembangunan di Kaltim, di rumah jabatan, Jalan S Parman, Sabtu (8/9) pagi. Jaang begitu sapaan secara terang-terangan mengaku tengah mempersiapkan diri untuk mencalonkan diri sebagai gubernur di ibu kota negara (IKN).

“Keinginan itu ada. Kenapa tidak? masa orang lain berani, saya ngga. Apalagi putra daerah asli,” kata Jaang.

Diakuinya lagi, saat ini sedang mengeyam pendidikan S3. Kata dia, 5-6 tahun kedepan dirinya sudah menjadi profesor.

“Loh kenapa ngga siap. Harus siap mencalonkan diri sebagai gubernur IKN,” tekannya.

Disinggung soal kesiapan Kota Samarinda sendiri sebagai kota penyangga. Wali kota dua periode itu menuturkan segala pembenahan mulai dikerjakan.

Mulai masalah keamanan, kebersihan, keindahan, banjir. Mengingat sebagai kota penyangga tentunya sudah dipikirkan. Terkait permasalahan pemukiman warga Jakarta yang pindah ke Kaltim, khusus di Samarinda.

Jaang menyebut pasti investor perumahan sudah memikirkan hal tersebut. Disamping itu, ia menyarankan untuk daerah yang berada diluar IKN, akan lebih baiknya dibuatkan desa kebudayaan.

“Di daerah diluar IKN kan ada warga yang mempunyai ladang atau kebun cukup besar. Mungkin tidak produktif bisa dibuatkan desa budaya untuk menarik wisatawan,” pungkas Jaang.

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.