2.045 Petani se-Kaltim Bakal Mengikuti PEDA KTNA X di Berau

Katuju.id - Demi kesiapan yang matang dan dalam tahap finalisasi pelaksanaan Peda KTNA tingkat Provinsi Kalimantan Timur, yang ke X .Akhirnya Desa Lambanan Teluk Bayur, Kabupaten Berau  (Kaltim) bakal kedatangan 2.045 petani dari seluruh Kalimantan Timur, pada 20-25 Juli mendatang. Dimana Kabupaten Berau pada tahun 2019 ini menjadi Tuan Rumah pelaksanaan Pertemuan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) tingkat Provinsi Kaltim yang ke X.

Hal itu diutarakan Kepala Dinas Tanaman Pangan Ibrahim , Ia mengatakan inti dari kegiatan Peda nantinya ada unjuk Tangkas, temu Karya terbarukan untuk teknologi pengelolaan tani dan sebagainya.

"Sesuai rapat finalisasi, kami sudah banyak melakukan persiapan PEDA KTNA di Berau di rangkai rembuk diharapkan sebagai PEDA terbaik di Kaltim," ujarnya sekaligus Ketua Panitia Peda KTNA Provinsi Kaltim.

Sementara, Ketua KTNA Kaltim Wisdianto, mengatakan PEDA KTNA Kaltim di Berau ada pembeda dari KTNA 2016 di PPU lalu, target KTNA mengangkat isu berbeda agar Pemerintah Kabupaten/Kota kedepan dapat membantu dari sisi hasil hilirisasi para Petani agar pendapatan petani meningkat.

"Peda KTNA 2000 lebih petani, saya minta Pemerintah perhatikan betul sarana prasarana penunjang acaranya, tempat pelaksanaan, home staynya hingga jalan menuju lokasi acara. Karena acara yang akan dilaksanakan ini dapat menambah ilmu dan pengetahuan terutama masalah pertanian dan perkebuanan," terangnya.

Sementara, Asisten II Bidang Ekonomi Mansyah Kelana bangga karena Kabupaten Berau terpilih dan menjadi suatu kehormatan bagi petani dan nelayan Bumi Batiwakal.

"Ini merupakan ajang yang sangat baik dalam menggali ilmu, apalagi banyak tokoh-tokoh penting yang hadir. Selai itu kita sudah berpengalaman melaksanakan Peda dan Rembuk KTNA, tekad kita pada  PEDA KTNA di Berau  ini menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi,” ungkapnya.

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.