Kaltim Dapat 10 Persen Hak Partisipasi Blok Mahakam

Katuju.id - Setelah melalui proses panjang, akhirnya Kaltim memperoleh hak partisipasi Blok Mahakam. Hasil itu berdasarkan patungan perusahaan BUMD yang dimiliki Pemprov Kaltim dan Pemkab Kutai Kartanegara. PT Migas Mandiri Pratama Kutai Mahakam (PT MMPKM) menerima pengalihan Participating Interest (PI) 10 persen di Wilayah Kerja (WK) Mahakam dari PT Pertamina Hulu Mahakam (PT PHM) yang merupakan cucu perusahaan PT Pertamina (Persero).

Di mana perjanjian pengalihan dan pengelolaan PI 10 persen pada Kontrak Bagi Hasil (KBH) WK Mahakam tersebut ditandatangani Direktur Utama PT MMPKM, Wahyu Setiaji dan Direktur Utama PT PHM, John Anis, pada Rabu (17/7) lalu di Kantor Pusat PT Pertamina (Persero) Jakarta.

Mengacu Peraturan Menteri ESDM Nomor 37 tahun 2016 tentang Ketentuan Penawaran PI 10 pada WK Minyak dan Gas Bumi bahwa Pengalihan PI 10 persen tersebut. PT MMPKM akan efektif menjadi pemegang PI 10 persen setelah diperolehnya persetujuan dari Menteri ESDM.

Direktur Utama PT Migas Mandiri Pratama, Wahyu Setiaji mengatakan dengan adanya penandatangan Perjanjian Pengalihan dan Pengelolaan PI 10 persen tersebut patut di syukuri.

Mengingat penandatangan ini memakan waktu cukup lama dan proses panjang. “Penandatangan ini merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu dan sangat panjang. Sampai dititik ini patut disyukuri, karena ini buah hasil perjuangan semuanya,” kata Wahyu, Jumat (19/7).

Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dan berperan besar mulai Pemprov Kaltim, Pemkab Kukar dan DPR.

Adanya Pengalihan PI 10 persen WK Mahakam ini merupakan awal yang baik dan menjadi percontohan untuk penawaran PI 10 persen untuk 8 WK Migas lainnya yang sedang berproses.

Saat ini pun PT MMPKT telah menjadi referensi BUMD Migas seluruh Indonesia dalam persiapan pengelolaan PI 10 persen WK Migas dan pengelolaan BUMD Holding.

Kedepannya, pengalihan PI 10 persen WK Mahakam ini akan memberikan manfaat bagi perembangan perekonomian daerah dan memberikan sumbangan yang nyata terhadap PAD Kaltim.

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.