Petani Kaltim Tidak Perlu Resah, Stok Pupuk Aman

Katuju.id - PT Pupuk Kaltim menjamin kebutuhan pupuk bersubsidi untuk wilayah Kalimantan Timur aman. Melalui sosialisasi dengan tema Product Knowledge dan Media Tour Tahap I yang rutin dilaksanakan tiap tahunnya. PT Pupuk Kaltim memberikan edukasi terkait penyaluran dan stok pupuk subsidi kepada awak media.

Kegiatan yang berlangsung di lantai 17 Aston Hotel dan Convention Center, Jalan DI Ponogoro, Senin (25/2) tersebut dihadiri seluruh insan media di Kota Samarinda.

Superintendent Hubungan Internal Departemen Humas Pupuk Kaltim, Nurdi Saptono menyatakan, stok pupuk Urea dan NPK, baik subsidi atau non subsidi di area Kaltim dalam kondisi aman.

"Untuk pupuk Urea dan NPK sampai bulan Maret mendatang aman. Bisa dikatakan kondisi berlebihan," sebut Nurdi.

Stok keseluruhan di gudang distribusi di masing-masing daerah hingga Februari 2019, tercatat ada 2.582, 15 ton untuk pupuk Urea subsidi dan 3.210,50 ton NPK subsidi. Sedangkan untuk Urea non subsidi, tersedia 843,20 ton dan NPK non subsidi tersedia 518,95 ton.

"Petani tidak perlu resah dan khawatir terhadap ketersediaannya karena stok pupuk aman," ujarnya.

Kedepannya kelompok tani melalui pemerintah daerah setempat bakal mengajukan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) Kecamatan untuk mendapatkan alokasi pupuk.

Pasalnya jumlah alokasi pupuk subsidi tahun 2019 di Kaltim untuk Kabupaten Kutai Kartanegara sebesar 5.210 ton, Paser 4.180 ton, Panajam Paser Utara 2.420 ton dan Kutai Timur 2.350 ton.

Untuk Berau, Samarinda, Balikpapan, Kutai Barat dan Bontang masing-masing 2.109 ton, 930 ton, 400 ton, 300 ton dan 23 ton.

Sedangkan untuk pengawasan pendistribusian, pihaknya mendapatkan kontrol oleh Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KPPP) mulai dari produsen hingga petani.

Mengingat banyak sekali peluang untuk melakukan kecurangan dalam pendistribusian. Meskipun begitu, hingga kini belum ada yang tertangkap tangan melakukan hal tersebut.

"Untuk merubah pupuk subsidi dan non subsidi sangat mudah, cukup mengganti karung mereka bisa memperoleh keuntungan," bebernya.

Oleh karena itu, pihaknya bakal melanjutkan sosialisasi kebeberapa wilayah kerja pemasaran Pupuk Kaltim. Seperti Balikpapan hingga ke Kalimatan Selatan (Kalsel).

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.