Tanggap Cepat Aduan Masyarakat, Diskominfo Launching Command Center

Katuju.id - Upaya meningkatkan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda melalui Diskominfo melaunching Command Center dan Media Center, di kawasan Balai Kota, Selasa (20/8) pagi tadi.

Layanan Command Center sendiri akan memuat kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) yang akan langsung dipantau oleh Wali Kota.

Pun, layanan ini pun menyediakan pengaduan masyarakat. Lewat Panic Buton System “Stop Panic” bisa memantau angin topan, banjir, kebakaran, kecelakaan dan masalah kesehatan.

Dalam sambutannya, Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang mengatakan seiring perkembangan teknologi yang kian marak. Tentunya terobosan dan inovasi harus diperbaharui.

“Kalau tidak mengikuti tentunya akan tertinggal dan tergilas. Secara informasi saat ini sangat cepat dan berada di genggaman tangan,” terang Jaang dalam sambutannya.

Terpisah, Kepala Diskominfo Samarinda, Aji Syarif Hidayatullah menjelaskan Command Center ini merupakan pusat semua kegiatan OPD se-Samarinda.

“Aktifitas kegiatan terpusat disini. Misalnya kalau ada kejadian kebakaran dan lainnya, nanti dikendalikan lewat Command Center,” terang Dayat begitu disapa.

Diterangkan kembali oleh Dayat, saat ini sudah 26 titik Closed Circuit Television (CCTV) yang tersebar di seluruh ruas jalan protokol dan taman kota.

Meskipun ini menjadi pusat segala kegiatan Pemkot. Namun Command Center tidak dibuka untuk umum.

“Ini bukan dibuka untuk umum. Tetapi sebagai pusat komando, semua petugas OPD semisal petugas kebakaran, BPBD atau kesehatan berkantor disini. Contohnya apabila ada masyarakat yang butuh pertolongan karena sakit. Dari sini petugas akan mengendalikannya,” pungkas Dayat.

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.