Dua Hari Tim Penilai Kunjungi Sekolah Duta Lomba Sekolah Sehat

Katuju.id-Selama dua hari, Selasa-Rabu (13-14/08) tim penilaian Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat provinsi Kaltim mengunjungi sekolah-sekolah yang menjadi duta LSS asal Samarinda.


Sekolah yang menjadi duta Samarinda pada LSS tingkat Kaltim tahun 2019, yakni TK Negeri 2 di Jl Jakarta Loa Bakung, di tingkat SD, SDN 021, di tingkat SMP yakni MTS Negeri Model, di tingkat SMA ada SMAN 1.

Tim penilai sendiri, Selasa (13/8) pagi diterima walikota yang diwakilkan Asisten I Setda Kota Samarinda Tejo Sutarnoto, ketua Tim Pembina UKS kota Samarinda Puji Setyowati dan jajaran pejabat di lingkungan Pemkot.

Walikota dalam sambutannya yang dibacakan Tejo menyampaikan terima kasih atas kedatangan tim penilai.

 "Semoga ajang silaturrahim ini menjadi kebaikan di sekolah-sekolah yang akan dinilai," tuturnya.

Ia mengatakan, lomba sekolah sehat ini tidak lain tujuannya adalah untuk mendidik anak hidup sehat dan berprilaku sehat, agar kelak ketika mereka dewasa, sudah terbiasa dengan hidup sehat.

Sementara Puji menjelaskan di lingkungan Kota Samarinda sendiri ada 4 sekolah yang mengikuti lomba sekolah sehat ini.
 
"Selain ajang lomba, sekolah sehat ini adalah sebagai sarana prasarana pembelajaran bagi anak anak kita, apa yang dilihat, apa yang dikerjakan dan apa yang dirasakan ini menjadi sebuah Suplemen bagi anak anak untuk bagaimana menemukan jati diri dan karakter anak-anak ini sehingga nanti mereka akan tumbuh besar menjadi berjiwa empati terhadap diri sendiri,terhadap lingkungan, dan terhadap apa yang mereka lihat," ungkapnya.

"Oleh karena itu lomba sekolah sehat tidak hanya dinilai dari lingkungan yang bersih, lingkungan yang nyaman, lingkungan yang asri, tapi bagaimana anak didik kita mengerti dan memahami bagaimana menjadi salahsatu subyek untuk mewujudkan lingkungan yang sehat," lanjutnya.

Puji pun berharap, lingkungan sehat yang dikenalkan dan diajarkan kepada anak-anak seperti cuci tangan yang baik dan benar, bagaimana menggunakan fasilitas kesehatan yang ada di lingkungan sekolah dan bagaimana mengkonsumsi makanan yang sehat di sekolah ini yang akan membentuk karakter diri pada anak anak yang dibawa hingga mereka dewasa. (kmf15)

Penulis:Thohir -- Editor: Doni

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.