Pilih Helm Buat Mudik Jangan Asal Comot

Katuju.id - Menjelang lebaran selain kendaraan biasanya permintaan aksesoris dan perlengkapan berkendara mengalami kenaikan. Salah satu perlengkapan berkendara yang cukup laris mendekati hari Raya Idul Fitri adalah helm.

Masih tingginya angka pemudik yang menggunakan sepeda motor menjadi salah satu faktor orang mencari helm baru untuk pulang kampung. Namun umumnya konsumen pertama membeli helm melihat model dan motif warna.

Selain model dan motif, memilih helm yang utama adalah aman dan nyaman. Artinya aman melindungi kepala dan nyaman saat digunakan, apalagi ketika melakukan perjalanan jauh untuk mudik.



“Yang pasti sudah SNI. Kalau bisa cari helm yang memang ukurannya cocok untuk kepala orang Asia, atau fitting-nya sudah Asia. Desain yang tidak pas, berkendera bisa cenderung kurang nyaman. Bukan soal aman saja, tetapi kepala jadi sakit,” buka Dani dari Toko Helmku yang memasarkan helm Zeus asal Taiwan.

Jadi, kata Dani, yang pertama harus dibeli selain kualitas, tentu saja adalah ukurannya harus sesuai dengan kepala pemiliknya. Tidak boleh terlalu longgar dan terlalu sempit.

Soal kaca (visor), sebaiknya pilih yang bening, atau tidak terlalu gelap karena bisa mempengaruhi pandangan, terutama saat jalan malam hari. Helm yang sudah dilengkapi dengan sun visor untuk melindungi pengendara motor dari silau akibat matahari, bisa jadi pilihan. Karena biasanya visor bagian luar bening.



Karena itu, dia menyarankan ketika memilih helm tidak asal main comot karena alasan modelnya cocok. Perhatikan baik-baik, mulai dari busa hingga ukuran. “Kenyamanan liner harus diperhatikan. Jadi pada saat mencoba helm jangan terburu-buru,” tukasnya

Agar helm dipakai tidak terlalu pengap atau panas, pilihlah helm yang memiliki ventilasi udara cukup baik. “Yang benar-benar ventilasi ya, bukan ventilasi yang hanya variasi,” imbuh Dani.

Terakhir, saran Dani, karena perjalanan mudik memakan waktu cukup lama dan risikonya juga tinggi, dia menyarankan pemudik pilih model helm full face. “Perjalanan mudik pasti jauh, lebih baik utamakan pilih yang model full face, yang tentu saja kualitasnya bagus dan cocok ukurannya,” tutupnya.


Sumber : Otosia

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.