3 Pabrikan Mobil Indonesia dengan Aftersales Terbaik

Menentukan pilihan sebuah mobil baru bukan hanya perkara harga, model, fitur atau kebutuhan berkendara sehari-harinya.

Layanan purna jual (after sales) juga perlu menjadi perhatian sebagai bahan pertimbangan anda dalam memilih mobil baru.

Layanan purna jual ini pun menandakan dari kualitas pelayanan pabrikan mobil itu sendiri.

Memang dengan menilai layanan mereka kita belum tentu bisa menentukan performa mobil yang kita pilih nantinya. Namun dari segi kantong, layanan purna jual ini tentu akan sangat menghemat banyak biaya anda.

Maka dari itu, memperhatikan layanan purna jual dari yang disediakan pabrikan mobil tentu tidak kalah penting.

Berikut ini akan kami coba ulas mengenai layanan purna jual dari pabrikan mobil yang satu dengan yang lainnya.

Jika berbicara mana yang terbaik, tentu itu bersifat relatif. Masing- masing pabrikan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dalam setiap pelayanannya.

Tidak perlu lama lagi, berikut ulasannya.

1. Toyota

Pabrikan satu ini memang sangat meramaikan jalan- jalan di Indonesia. Tidak heran pula Bengkel resmi Toyota akan mudah ditemukan di mana- mana.

Akan hal itu, Toyota Indonesia ingin senantiasa memberikan kemudahan bagi pelanggan dengan menjangkau berbagai wilayah.

Untuk memberikan berbagai kemudahan kepada para pelanggan Toyota, sejumlah layanan pun dihadirkan, di antaranya:

- Remote Service Point

Meskipun jaringan bengkel yang tersebar di mana- mana, namun bagi Toyota sendiri hal tersebut masih kurang.

Untuk melengkapi jaringan bengkel resmi Toyota tersebut maka Toyota menambahkan pula service point yang terdapat di lokasi-lokasi pedalaman/ pelosok dan belum terjangkau bengkel resmi. Sehingga pelanggan di daerah- daerah terpencil bisa melakukan service mobil Toyota mereka dengan mudah.

Layanan ini juga guna melindungi para pelanggan agar tidak pergi ke bengkel umum yang tidak memiliki standar Toyota.

- Express Maintenance

Toyota juga menyediakan layanan service express, dengan waktu yang relatif lebih cepat karena pengerjaannya dikerjakan oleh 2 orang mekanik sekaligus dengan hasil kualitas service tetap mengacu pada standar Toyota.

Layanan service express ini tentu akan memberikan kenyamanan bagi pelanggan karena waktu yang lebih efisien.

- 24-Hour Service

Sadar bahwa kerusakan bisa terjadi kapan saja dan setiap pelanggan memiliki waktu perbaikan yang berbeda-beda, maka Toyota memiliki beberapa bengkel yang memberikan layanan sepanjang hari atau 24 jam. Namun, tentu saja tanpa mengurangi kualitas service dengan selalu mengacu pada standar Toyota.

Biasanya pelanggan yang lebih ingin melakukan service pada malam hari karena ingin menghindari jam ramai, akan memanfaatkan fasilitas ini.

Bagi para pelanggan yang melakukan perjalanan pada malam hari tidak perlu merasa khawatir karena bengkel 24 Jam Toyota akan siap membantu pelanggan.

- Toyota Home Service (THS)

Tidak seperti namanya, Toyota Home Service (THS) merupakan layanan service yang bukan hanya bisa dilakukan di rumah tapi juga di kantor atau dimanapun pelanggan menginginkannya.

Tidak perlu ragu dengan kualitas service, karena tetap akan sama sesuai dengan standar Toyota.

Pelanggan yang tidak memiliki waktu untuk mengunjungi bengkel resmi dapat memanfaatkan fasilitas ini, hal ini pun menghindarkan pelanggan untuk menggunakan jasa bengkel umum yang standarnya tentu beda dengan bengkel resmi Toyota.

Selain itu juga dapat menghemat waktu, tenaga serta aktivitas pelanggan yang tidak kalah pentingnya untuk dilakukan.

- Emergency Road Assistance (ERA)

Layanan Emergency Road Assistance (ERA) adalah layanan service yang menyediakan derek, jumper aki, bantuan untuk bensin habis, dan bantuan saat kunci tertinggal di dalam. Namun fasilitas ERA masih terbatas, sesuai dengan ketentuan masing- masing dealer.

- Body & Paint Workshop

Selain service rutin dan general repair yang disediakan oleh Toyota, juga memiliki layanan body & paint. Pengerjaan dilakukan oleh teknisi yang tersertifikasi Toyota.

- Toyota Genuine Parts (TGP)

Sebagai bagian yang penting, spare parts tentu program utama dari layanan after sales.

Sampai kapanpun kebutuhan akan parts mobil akan sangat dibutuhkan oleh pelanggan atas ketersediaannya.

Tidak hanya ketersediaan, namun waktu dan proses pengerjaan juga merupakan suatu hal yang penting demi kepuasan pelanggan.

2. Daihatsu

Daihatsu dengan slogan “Daihatsu Melayani Anda Lebih Baik” telah bekerja keras mengupayakan layanan purna jual (after sale service). Pengupayaan ini dilakukan oleh Daihatsu untuk semata- mata memberikan keyakinan kepada publik dan meningkatkan kepuasan pelanggan Daihatsu sendiri.

Daihatsu telah berhasil mengembangkan standar baru yang disebutnya sebagai Daihatsu Indonesia Service Management (DISM).

Dengan standar baru ini, di samping peningkatan kinerja dan perbaikan yang lebih cepat, para pelanggan akan diberikan jaminan pelayanan yang lebih ramah dan nyaman.

DISM ini juga membantu perusahaan untuk meraih keyakinan publik.

Adapun beberapa tahapan dasar DISM, yakni sebagai berikut:

- Layanan Pengingat

Layanan ini adalah layanan yang akan mengirimkan peringatan kepada pelanggan Daihatsu untuk memeriksa kendaraannya secara berkala dengan acuan data yang tersimpan, yang berisi riwayat layanan dan perbaikan kendaraan.

- Penerimaan

Ini mengacu pada pengembangan proses penerimaan dan pendaftaran yang lebih ramah.

Layanan ini untuk sebuah pengelolaan pelanggan yang baik bersama dengan Layanan Pengiriman yang aman bagi pelanggan, yang akan diulas nanti di bawah ini.

- Proses Perbaikan

Dari waktu perbaikan yang biasa akan dievaluasi sehingga waktu proses pencucian atau proses perakitan menjadi lebih cepat dan efisien. Peralatan komputer yang dipergunakan juga merupakan gabungan teknologi baru yang telah diperbaharui.

- Inspeksi Final

Inspeksi ini dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan dengan aktual.

- Pengiriman Kendaraan

Pelanggan akan menerima form untuk dapat memeriksa perincian dari layanan yang telah dilakukan pada kendaraannya, setelah dilakukan pengiriman mobil.

- Mengkonfirmasi Hasil

Setelah semua layanan telah selesai dan kendaraan telah dikirim, kemudian pencatatan akan masuk ke dalam basis data yang terintegrasi hingga riwayat kendaraan terbarui.

3. Mazda

Soal pelayanan service purna jual tentu Mazda tidak ingin kalah dari pabrikan lainnya.

Secara umum Mazda sendiri tidak jauh beda dengan pabrikan lainnya. Dalam pelayanan service, Mazda dengan para teknisi profesionalnya memberikan layanan transparansi harga.

Teknisi Mazda akan memberitahukan terlebih dahulu kepada pelanggan sebelum melakukan service. Hal ini untuk antisipasi pelanggan yang tidak siap dengan harga yang harus dibayarkan, seperti spare parts, oli, serta PPN.

Setelah selesai, mereka pun akan memberitahu pelanggan tentan service berikutnya dan kebutuhan dalam pemeliharaan demi performa mobil di masa depan.

- Teknisi Profesional

Teknisi Mazda merupakan teknisi yang profesional. Secara teratur, mereka selalu berpartisipasi dalam pelatihan teknologi terbaru untuk memastikan perawatan yang efisien secara diagnosis.

- Jadwal Service Fleksibel

Pelayanan lainnya adalah, pelanggan bebas menentukan jadwal service yang akan dilakukan.

Para teknisi akan mengikuti jadwal tersebut kemudian. Namun, tentu dengan pemesanan terlebih dahulu, sehingga dealer akan mengatur sesuai jadwal yang telah anda tentukan.

Jika anda tidak ingin menunggu, Mazda menawarkan mobil pengganti sementara selama service berlangsung.


Sumber : https://www.carmudi.co.id

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.