Lerby Dan Sultan Sama Berlabuh Ke Tim Biru

Katuju.id - Dua pemain ujung tombak tim PBFC Lerby‎ Eliandry dan Sultan Sama akhirnya Berlabuh ke tim Biru. Kedua pemain ini terlihat dalam Kompetisi Lipesia yang baru berlangsung Jumat (16/3) sore dilapangan sepak bola Stadion Madya Sempaja Samarinda.


Tapi jangan kaget dulu, tim biru disini maksudnya adalah tim kesebelasan PDAM Tirta Kencana Samarinda. Kebetulan Lerby dan Sultan selain berprofesi sebagai atlet sepak bola, keduanya  juga karyawan tetap  Perusda PDAM Samarinda. Mau tidak mau selain membela PBFC, dua pemain muda Samarinda ini juga harus masuk dalam tim PS PDAM Tirta Kencana yang kini tengah berjuang dalam Kompetisi Liga Pekerja Indonesia (Lipesia). 

Kompetisi Lipesia sendiri merupakan Kompetisi garapan Kementerian Tenaga Kerja dan Kementerian Pemuda dan Olahraga yang Diamanahkan kepada Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) dimasing-masing daerah untuk menyelenggarakannya. Pesertanya adalah karyawan-karyawan dari perusahaan swasta mulai dari perusahaan BUMN hingga BUMD. Di Samarinda sendiri kompetisi tersebut hanya diikuti oleh tiga tim yakni PS PDAM Tirta Kencana, Pegadaian Samarinda dan PS Bank Kaltimtara.

Kepala Disnaker Samarinda Erham Yusuf,  mengatakan dalam Lipesia untuk pengaturan regulasi peserta yang ikut dalam Liga Pekerja Indonesia membolehkan dalam satu tim bisa menggunakan pemain Liga 1 dan mereka ini tergolong sebagai pemain marque player .‎"Kebetulan dari tiga tim yang mendaftar salah satunya menggunakan jasa pemain Merque Player yakni PS PDAM Tirta Kencana yang memakai pemain PBFC seperti Lerby dan Sutan Sama yang nota bane nya juga karyawan dari PDAM Samarinda, jadi nggak ada masalah," Tutur Erham.

‎Kompetisi rencana berlangsung hingga hari Minggu nanti. Erham menambahkan bagi tim yang keluar sebagai juara pertama dipastikan akan membawa nama Samarinda untuk berlaga selanjutnya di tingkat provinsi yang akan berlangsung bulan bulan April dikota Balikpapan. "Intinya Lipesia ini mencari tim terbaik yang akan membela daerahnya untuk ditingkat Nasional. Mengingat liga ini berlangsung dalam rangkaian menyemarakan hari Buruh nasional yang akan berlangsung setiap bulan Mei nanti." sebutnya.

Sementara,hasil pertandingan pembuka kemarin, kendati PDAM diperkuat oleh dua pemain Merque Player tetapi tidak bisa berbuat banyak. Tim Perusda Pemkot Samarinda harus takluk dari PS Pegadaian lewat Adu penalti dengan skor 7-6, dimana skor sebelumnya adalah imbang 2-2.**