Tingkatkan Minat Masyarakat ke Posyandu, Dinkes Samarinda Gelar Gebyar Posyandu

Katuju.id - Untuk meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat datang ke Posyandu dan pentingnya mencegah anak kerdil (Stunting) kesehatan terhadap balita.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Samarinda bakal menggelar acara Gebyar Posyandu. Di mana kegiatan akan berlangsung selama dua hari yakni 20-21 April nanti di Plaza Mulia, Jalan Bhayangkara.

Kegiatan yang dilatar belakangi berdasarkan Data Pemantauan Status Gizi (PSG) 2017 menunjukan kasus balita stunting di Indonesia yang cukup tinggi yakni 29,6 persen.

Data prevalensi balita stunting yang dikumpulkan World Health Organization (WHO) Indonesia termasuk Indonesia termasuk ke dalam negara ketiga dengan prevalensi tertinggi di regional Asia Tenggara. Bahkan selama tiga tahun terakhir, pendek memiliki prevalensi tertinggi dibandingkan dengan masalah gizi kurang, kurus dan gemuk.

Stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Yang mana ini disebabkan oleh banyak faktor seperti kondisi sosial, ekonomi, gizi ibu saat hamil, kesakitan pada bayi dan kurangnya asupan gizi pada bayi.

Disini Posyandu merupakan garda utama pelayanan kesehatan bayi dan balita di masyarakat. Sesuai dengan tujuan dibentuknya Posyandu adalah percepatan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) melalui pemerdayaan masyarakat, maka sasaran Posyandu tak hanya balita saja, tetapi ibu hamil, ibu menyusui dan ibu nifas. Sedangkan peran Posyandu dalam penanggulangi stunting di Indonesia sangat penting.

“Kami ingin meningkatkan minat masyarakat untuk datang ke Posyandu. Terutama soal percepatan pencegahan anak kerdil (stunting),” terang Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinkes Samarinda, Drg Annie Rahmayanti.

Selain menggelar Gebyar Posyandu. Dalam kegiatan ini adapula disini lomba pembuatan makanan tambahan untuk balita dengan gangguan gizi dan pertumbuhan, Deklarasi gerakan Ayo ke Posyandu, Sosialisasi Gema Cermat, Talkshow Manfaat Posyandu dan Peran Kader dalam pencegahan stunting, talkshow kesehatan dengan tema pentingnya gizi seimbang dan pola pengasuhan anak dalam pencegahan stunting terakhir lomba mewarnai.

“Adanya kegiatan Gebyar Posyandu  intinya mengajak masyarakat untuk meningkatkan minat tinggi datang ke Posyandu,” tegasnya.

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.