Khasiat Bayam Merah Untuk Kesehatan Tubuh


Katuju.id - Di antara kita mungkin banyak yang hanya mengetahui bayam yang memiliki daun berwarna hijau, namun tahukah ternyata ada bayam yang daunnya berwarna merah, dan juga terbukti memiliki nutrisi yang tidak kalah banyaknya dengan bayam hijau, bahkan, bayam merah juga bisa bermanfaat bagi kesehatan jika kita mengkonsumsinya. Cara mengkonsumsi bayam merah pun cukup simpel. Adapun berbagai manfaat dari bayam merah.

Mengobati Demam 

Bila ada yang mengalami demam dapat mengonsumsi bayam merah. Manfaat Bayam merah membuat suhu tubuh kembali normal.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Penyakit semakin lebih gampang menyerang bila imunitas tubuh seseorang lemah. di dalam bayam merah terdapat vitamin A yang berguna untuk melindungi kekebalan tubuh.

Memberi Antioksidan 

Jumlah kandungan anti-oksidan pada bayam merah lebih banyak dibanding sayuran lain. Manfaat dari kandungan itu yaitu mencegah masuknya radikal bebas yang dapat menyebabkan beragam penyakit.

Menolong Diet 

Bayam merah mampu membantu menurunkan berat badan maka dari itu dapat membantu kalian yang sedang diet, Karena bayam merah mengandut serat yang berguna dan Karbohidrat. 

Melancarkan Proses Pencernaan

Kandungan di dalam bayam merah dapat membantu mengatur kerja usus-usus kita. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa bayam merah merupakan serat yang sangat baik karena kandungan seratnya yang cukup tinggi.

Membantu Mengobati Anemia

Kekurangan zat besi di dalam tubuh dapat menyebabkan kita mengalami anemia atau kekurangan darah merah. Bayam merah mengandung zat besi yang cukup tinggi, sehingga bisa menjadi alternatif sayuran yang dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi anemia.  

Menyembuhkan Gangguan Ginjal

Kandungan yang ada di dalam bayam merah juga bisa bermanfaat untuk menyembuhkan gangguan atau masalah pada ginjal.

Membantu Membersihkan Sistem Reproduksi Wanita

Jika ada seseorang wanita yang baru melahirkan, bayam merah dapat digunakan sebagai detox. Dengan meminum jus bayam merah secara teratu, kandungan didalam bayam merah akan membantu mendetoksifikasi kotoran yang ada di dalam organ reproduksi setelah melahirkan.

Mengobati Sakit Disentri

Batang bayam merah sangat baik untuk mengobati sakit disentri. Gunakan sepuluh batang bayam merah, cuci batang – batang tersebut kemudian haluskan menjadi pasta. lalu beri sedikit garam untuk perasa, peras dan ambil airnya. Minum air perasan bayam tersebut selama sakit disentri berlangsung.

Membantu Memperbaiki Penglihatan (Kesehatan Mata)

Bayam merah mengandung vitamin A yang  sangat tinggi yakni untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh kita akan vitamin A. Vitamin A  sendiri dapat berguna untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, dan dapat juga untuk memperbaiki masalah atau gangguan pada mata.

Dari berbagai macam manfaat bayam merah tentunya sangat sayang sekali jika kita tidak memanfaatkannya, langkah kecil yang bisa kita lakukan yaitu dengan mulai bisa mengolah bahan-bahan yang tidak hanya sekedar enak dimakan namun harus bisa memberi manfaat bagi tubuh kita sendiri dengan berbagai manfaat kandungannya. Sayangi tubuhmu, sehatkan dirimu.