Catat..Besok DKK Bakal Gelar Lomba Balita Sehat

Katuju.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Samarinda besok (Kamis,27/6) menggelar Lomba Balita Sehat se-Samarinda.

Kegiatan selama dua hari yang dipusatkan di rumah jabatan Wali Kota, Jalan S Parman tersebut akan diikuti seluruh balita yang tersebar di seluruh Puskesmas.

Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat Dinas Kesehatan Samarinda, Dr Rudy Agus Riyanto menjelaskan sejauh ini persiapan lomba sudah matang. Balita-balita pun yang akan dilombakan sudah siap. Mulai kategori balita dan bayi hingga jurinya sudah dipersiapakan.

Kata dia, juri sendiri dari ahli kesehatan dan gizi, spesialis anak, psikolog. “Di sini nanti kita akan memantau kesehatan balita dan bayi. Nanti kami akan memiliki balita yang bukan hanya sehat secara fisik. Tetapi secara psikolog dan perkembangan bagus, pertumbuhan jelas dari berat badan dan tingginya harus sesuai umurnya,” terang Dr Rudy disela-sela acara Hari Lanjut Usia Nasional, Rabu (26/6).

Lebih jauh diharapkan adanya lomba balita ini untuk mewujudkan generasi berkualitas. Serta memperlihatkan kepada masyarakat luas bahwa di Samarinda memiliki balita yang sehat dan berkualitas.

Sehingga menjadi pemicu bagi orangtua lainnya untuk rutin dan rajin memeriksakan pertumbuhan balitanya. “Bahwa orangtua harus rutin memantau pertumbuhan balita. Dengan lomba balita ini bukan akhir segalanya. Tetapi menjadi langkah awal memicu orangtua bagaimana tahu pertumbuhan balita sehat contohnya setiap bulan menimbang ke Posyandu,” jelasnya.

“Dari situ masyarakat akan tahu seperti ini balita atau bayi yang sehat seperti apa. Agar mereka terpacu,” sambungnya.

Kemudian, pada saat lomba nanti pemenang balita yang dinobatkan sebagai juara akan diadakan parade. Supaya, ibu-ibunya mengetahui seperti ini bayi yang pertumbuhannya sehat.

“Nanti juga pemenang akan diikutikan lomba balita tingkat provinsi pada awal Juli mendatang. Semoga saja perwakilan Samarinda bisa menjuarai,” harap Dr Rudy mengakhiri.

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.