Besok DKK Umumkan Lomba Balita Tingkat Samarinda

Katuju.id - Sebanyak 20 peserta bayi dan balita se-Kota Samarinda mengikuti lomba Balita 2019 yang digelar oleh Dinas Kesehatan Samarinda.

Kegiatan sendiri berlangsung selama dua hari. Yakni hari ini (Kamis) dan besok (28/6) di aula Rumah Jabatan Wali Kota, Jalan S Parman.

Untuk dihari pertama kegiatan diisi dengan penilian dan penjurian ke balita dan bayi oleh tim juri yang terdiri psikolog, spesialis anak, ahli kesehatan dan gizi.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Samarinda, Dr Annie Rahmayanti mengatakan bahwa hari ini pemeriksaan dan penilaian bayi dan balita oleh tim juri.

Untuk lomba sendiri dibagi dua kategori yakni bayi dan balita. “Untuk proses penilian balita dan bayi ini dari tingkat puskesmas lalu kecamatan kemudian di tingkat kota. Terakhir pada tingkat provinsi,” terangnya.

Dikatakannya, adapun tujuan lomba ini meningkatkan kesadaran orangtua untuk rutin memeriksakan tumbuh kembang balitanya di Posyandu atau Puskesmas.

Pasalnya, selama ini orangtua hanya berpikiran bila balita atau bayi tidak sakit. Justru sehat-sehat. “Harus rajin memeriksakan tiap bulan mulai berat badan, tinggi badan sesuai dengan usianya,” ucapnya.

“Dari memeriksakan kesehatan dan tumbuh kembangnya. Orangtua bisa mengetahui tingkat kecerdasan dan lainnya,” sambungnya.

Setelah penilaian hari ini. Peserta lomba balita akan diumumkan esok harinya oleh tim panitia dan juri. Rencananya sendiri pengumuman akan dijadwalkan pukul 08.00 Wita.

Para pemenang juara pertama hingga ketiga akan diberikan hadiah dan ikut parade. Sehingga orangtua lainnya tahu bayi dan balita yang sehat seperti ini. “Juara pertama nanti akan diikuti lomba balita tingkat provinsi pada Juli mendatang,” ungkapnya.

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.