Akhir Tahun, Kemenhub Imbau Tiket Penerbangan Diskon 30 Persen

Katuju.id - Menjelang libur akhir tahun, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta maskapai penerbangan untuk menurunkan harga tiket.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Hengki Angkasawan mengatakan, diskon harga tiket ini telah disetujui maskapai penerbangan pelat merah, Garuda Indonesia.

"Kemenhub mengimbau dalam rangka pelaksanaan libur Natal dan Tahun Baru, maskapai diminta memberikan diskon tiket sebesar 30 persen," kata Hengki saat dihubungi Kompas.com, Jumat (6/12).

Sejauh ini, imbuhnya Garuda Indonesia sudah berkomitmen untuk melaksanakan imbauan tersebut.

Menurutnya, maskapai lain akan segera mengikuti langkah maskapai Garuda Indonesia yang melaksanakan imbauan tersebut.

"Biasanya (maskapai lain) akan mengikuti kalau Garuda sudah melaksanakan," ujar dia.

Semua Penerbangan

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, maskapai Garuda Indonesia akan memberi diskon tiket sebesar 30 persen untuk semua penerbangan.

Potongan harga tiket berlaku di hari Senin sampai Kamis. Aturan akan diterapkan dalam waktu dekat ini.

"Kami dapat konfirmasi dari Garuda ada tiket dengan harga lebih murah, 30 persen lebih murah untuk hari Senin sampai Kamis," kata Budi di Jakarta, Kamis (5/12).

Budi menambahkan, kebijakan diambil setelah koordinasi dalam rangka rebalancing harga avtur di Indonesia dengan Kementerian BUMN dan Kementerian ESDM.

Lanjutnya, penurunan harga tiket akan berlaku hingga Februari 2020.

Namun, harapannya kebijakan bisa terus diterapkan dengan tujuan memberi harga tiket yang terjangkau bagi masyarakat.

"Menurut catatan dari Garuda berlaku sampai Februari. Komitmen kita Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis itu akan memberikan tiket murah," katanya lagi.

Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul yang sama pada Sabtu (7/12) pukul 07.17 WIB.

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.