Kanada Belum Putuskan Tanggung Biaya Keamanan Harry dan Meghan Markle

Katuju.id - Pangeran Harry dan Meghan Markle memilih tinggal di Kanada dan Inggris usai memutuskan keluar dari anggota senior keluarga kerajaan. Meski begitu, pemerintah Kanada belum bisa memutuskan apakah akan menanggung biaya keamanan Harry dan Meghan.

"Saya pikir itu adalah bagian dari refleksi yang ... perlu ada diskusi, dan diskusi masih berlangsung," kata Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, dalam sebuah wawancara saluran televisi Kanada Global, dilansir AFP, Rabu (15/1).

"Kami tidak sepenuhnya meyakini dengan keputusan akhir apa yang akan diambil," sambungnya.

Meski demikian, Trudeau memastikan warganya mendukung Harry dan Meghan untuk tinggal di Kanada. Namun, Trudeau mengaku masih harus mengkaji dana keamanan untuk keduanya.

"Kami belum terlalu banyak memikirkan masalah ini," tambah menteri keuangan Kanada, Bill Morneau.

"Sebagai anggota persemakmuran, kami tentu ingin berperan," sambungnya.

Sebelumnya, media Inggris yang dikutip AFP melaporkan Trudeau telah meyakinkan Ratu Elizabeth II bahwa Kanada akan menanggung biaya keamanan untuk Harry dan Meghan. Pers Inggris menyebut, Kanada akan menyumbang 650.000 dolar atau 500.000 pound per tahun.

Adapun media Kanada memperkirakan biaya keamanan Harry, Meghan, dan anak mereka, Archie, menelan biaya sekitar 1,3 juta dolar Kanada per tahun.

Keputusan Harry dan Meghan yang dibuat 'sepihak' tanpa memberitahu kerajaan sempat menggegerkan publik. Keduanya ingin hidup mandiri secara finansial tanpa dana negara dan kerajaan. Harry dan Meghan menyebut keputusan ini diambil setelah berdiskusi selama berbulan-bulan.

"Kami bermaksud untuk mundur sebagai anggota senior keluarga kerajaan dan akan bekerja untuk menjadi keluarga mandiri secara finansial, sembari terus mendukung Yang Mulia Ratu sepenuhnya," kata mereka dalam pernyataan resminya.

Usai menggelar rapat darurat kerajaan, Ratu Elizabeth II pun akhirnya merestui keinginan Harry dan Meghan.

Artikel ini telah tayang di kumparan.com dengan judul yang sama pada Rabu (15/1) pukul 03.53 WIB.

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.