Produksi Spring Bed Ternama Ada di Sambutan, Faisal Puji Kualitas Hingga Kontibusi SDM

Katuju.id - Belum banyak yang tahu bahwa di Samarinda ada industri pabrik spring bed dengan brand ternama. Adalah PT Kharisma Rancangadi Pratama yang berlokasi di Jalan Sultan Sulaiman KM 5 RT 10 Kelurahan Sambutan, Kecamatan Sambutan yang sudah beroperasi sejak 1993.

Kepala Dinas Perindustrian Kota Samarinda M Faisal mengunjungi langsung lokasi pabrik. Dalam kunjungannya, selain melihat langsung, ia juga ingin mengetahui terkait kapasitas produksi dan jangkauan pemasaran PT Kharisma Rancangadi Pratama.

Kepala Dinas Perindustrian saat meninjau pabrik spring bed di Kecamatan sambutan.


Mewakili perusahaan, Area Manager Cabang Kalimantan Hanafiah, menjelaskan pabrik di Sambutan mengcover area Kaltim dan Kaltara sebagai marketnya. Ditambahkannya, untuk produksi bisa mencapai ratusan unit kasur busa dan spring bed.

“Kemampuan produksi saat ini untuk kasur busa itu bisa 500 per hari. Sedangkan spring bed kita bisa produksi sekitar 200 unit setiap harinya. Sementara untuk jangkauan pemasaran kita meliputi Kaltim dan Kaltara,” terang Hanafiah.

Lebih jauh Hanafiah menyebut pabrik di Samarinda memang dimaksudkan untuk pasaran Kaltim dan Kaltara. Selain itu pihaknya juga mengutamakan SDM lokal dalam proses produksi yang ternyata disebutnya mampu mengerjakan produk unggulan dengan kualitas bersaing.

Sementara itu Faisal tak mampu menutupi keterkejutannya. Menurutnya ia baru mengetahui bahwa salah satu merek spring bed ternama berada di Kota Tepian. Ia memuji ini adalah salah satu industri yang memiliki kontribusi dalam penyerapan tenaga kerja lokal.

“Lokasinya bersih dan baguslah untuk kelas di Kalimantan. Apalagi ini tenaga kerjanya lokal Samarinda semua,” ucap mantan Kadis Pariwisata itu.

Bahkan, ia juga terkejut saat produksi semua bahan baku yang didatangkan dari Surabaya terpakai semua.

“Sisa-sisa limbah ternyata dipakai semua. Ada yang dibuat bantal dan guling,” tambah Faisal.

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.