Prihatin Kondisi Kabut Asap Menebal, Dishub Siapkan 5 Ribu Masker Untuk Dibagikan ke Pengguna Jalan

Katuju.id - Kualitas udara di Kota Samarinda yang dikhawatirkan kian memburuk akibat kemarau dan dampak kebakaran hutan serta lahan (Kahulta) belakangan ini. Di mana mengurangi jarak pandang, selain itu kualitas udara yang buruk bisa menimbulkan efek negatif bagi kesehatan, terutama pernapasan.

Atas dasar keprihatinan tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) Samarinda, menggelar aksi bagi-bagi masker ke pengguna jalan. Seperti terlihat di persimpangan Lembuswana, Selasa (17/9) pagi tadi.

Langsung dikomandoi, Kepala Dishub Samarinda, Ismansyah didampingi personelnya nampak membagikan masker ke pengguna jalan sekitar pukul 09.00 WITA tersebut.

Ismansyah mengatakan untuk pembagian masker ini, pihaknya menyediakan sekitar 5 ribu masker untuk dibagikan ke pengguna jalan. Dengan pembagian secara berangsur-angsur tidak terfokus pada hari ini saja.

"Ada empat titik kami bagikan masker ini, diantaranya di kawasan Dermaga dan Simpang Lembuswana ini. Pembagian sendiri akan dilakukan pada hari-hari berikutnya sampai habis 5 ribu masker tersebut," terang Isman.

Menurut Isman, pembagian masker ini sebagai bentuk perhatian ke pengguna jalan. Apalagi kondisi kabut asap seperti sekarang ini. "Mau kabut atau tidak kabut, penggunaan masker ini sangat penting bagi kesehatan, khususnya pengguna kendaraan roda dua," ucapnya.

Lanjutnya, pembagian masker sendiri merupakan kegiatan bakti sosial dari Dishub Samarinda dan memberikan dampak baik bagi pengendara, untuk lebih mawas terhadap kesehatan mereka. "Kami sarankan agar pengguna kendaraan roda dua menggunakan masker untuk menjaga kesehatan masing-masing," tutup Isman.

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.