Penyerahan Tali Asih, Agus: Tagana Harus Solid dan Gunakan Hati Nurani

Katuju.id  – Kadis Sosial Kaltim, HM. Agus Hari Kesuma, Selasa (5/11) siang secara simbolis menyerahkan tali asih bagi anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) se-Kaltim yang dilaksanakan di Aula Dinas Sosial Kaltim, Jl Basuki Rahmat Nomor 76 Samarinda.

“Tagana harus solid, bisa menjaga etika dan tidak menyalahgunakan lambang kebesaran Tagana,” tegas Agus dalam arahannya.

Menurutnya, sebagai garda terdepan penanganan korban bencana, Tagana harus benar-benar memiliki jiwa korsa dan menjalankan tugas serta tanggung jawab dengan menggunakan hati nurani.

“Tagana harus hadir di tengah-tengah masyarakat mulai dari pra bencana, tanggap darurat, hingga pasca bencana.Oleh karena itu Tagana harus memiliki skill dan kapasitas yang mumpuni sehingga benar-benar bisa diandalkan,” sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kabid Linjamsos, Ahmadin, mengatakan, pembagian tali asih tersebut secara simbolis diserahkan kepada anggota Tagana dari 3 kabupaten/kota meliputi Samarinda, Kutai Kartanegara, dan Bontang.

Sedangkan untuk 7 kabupaten/kota lainnya meliputi Balikpapan, Paser, PPU, Berau, Kutai Timur, Kutai Barat, dan Mahakam Ulu. Pembagian tali asih dilakukan melalui Dinas Sosial kabupaten/kota setempat.

“Secara keseluruhan jumlah Tagana se-Kaltim sebanyak 784 orang, namun dari jumlah tersebut yang berhak menerima tali asih sebanyak 417 orang. Adapun besaran tali asih yang diberikan ini adalah sebesar Rp1 juta/orang, atau pembayaran 4 bulan sekaligus dengan rincian per bulan Rp250 ribu/orang,” papar Ahmadin.

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.