Horee..Warga Bengkuring Punya Akses Jalan Langsung Menuju BSB

Katuju.id - Sebentar lagi warga Perumahan Bengkuring dan Sempaja ujung serta sekitarnya punya akses jalan langsung menuju Bandara Samarinda Baru. ‎ Kini alternatif jalan dan jembatan penghubungnya tengah proses pengerjaan Pemkot Samarinda. Pjs Walikota Samarinda Zairin Zain, Senin (11/3) kemarin mengecek langsung progres pengerjaan jembatan penghubung yang nantinya akan dibiayai oleh bantuan keuangan Provinsi Kaltim dan APBD Pemkot Samarinda. Salah satunya jembatan Betapus yang terletak di Kecamatan Samarinda Utara yang kini mencapai proses penyelesaian.

"Khusus jembatan Betapus sisa pengerjaannya telah dianggarkan lewat APBD kota Samarinda sebesar Rp 3,5 Miliar. Insya Allah tahun ini selesai."Tutur Zairin.

Jembatan tersebut merupakan salah satu infrastruktur penunjang bagi kendaraan roda dua maupun empat yang ingin menuju Bandara APT Pranoto Samarinda Baru  dari arah Sempaja Ujung maupun Bengkuring. Selain Betapus,  masih ada dua jembatan yang tengah menjadi perhatian Pemkot, yakni Jembatan Muang Ilir dan Lempake Tepian.‎ Dimana lanjut Zairin yang juga menjabat Kepala Bappeda Provinsi Kaltim ini pembiayaannya akan di dianggarkan lewat bantuan Keuangan Provinsi Kaltim.

"Untuk dua jembatan ini kita alokasikan Rp 25 Miliar lewat Benkeu Pemprov Kaltim. Kalau bisa diperubahan tahun ini, tapi kalau tidak bisa kita Anggarkan di APBD murni tahun depan." sebutnya. Mengingat manfaat dua jembatan penghubung tadi sangat penting perannya bagi warga sekitar. Kebetulan fisiknya sudah ada maka Pemkot saat ini cukup mempugar sedikit agar kendaraan roda empat juga bisa lewat. Kunjungan lapangan siang itu juga menyisir jalan-jalan alternatif untuk memecah kosentrasi kendaraan di jam-jam tertentu. Salah satunya Jalan HM Ardans yang menjadi alternif untuk mengurai kemacetan di jalan Kadrie Oening saat jam masuk dan pulang sekolah.

Zairin mengatakan kini Pemkot masih berupaya untuk mencari solusi agar ada jalan alternatif langsung tembus menuju Folder Air Hitam di jalan AW Syahranie. "Sebenarnya kita butuh jalan tembus 300 meter lagi menuju Folder Air Hitam dari jalan HM Ardans, cuman info dari pak Camat tadi masih dipelajari terlebih dahulu masalah kepemilikan tanahnya, kalau sudah ketemu nanti akan kita Anggarkan untuk pelepasan ganti untungnya."tuturnya di dampingi Sekkot Kota Samarinda Sugeng Chairuddin. Karena alternatif jalan tadi sangat dibutuhkan untuk memecah kemacetan  saat jam sekolah. Sebenarnya tambah dia, sudah ada jalan tembus dari Kadrie Oening menuju Perumahan Ratindo yang kini tengah tahap penggerasan fisik jalan. "Cuma kurang etis kalau jalan lingkungan perumahan kita jadikan sebagai jalan tembusan, untuk itu kita masih berupaya agar jalan tembus menuju Folder ini bisa berhasil. Sehingga kosentrasi arus lalu lalang kendaraan di lima sekolah yang ada di jalan Kadrie Oening bisa pecah tidak hanya lewat HM Ardans tapi juga bisa lewat jalan AW Syaharnie."lontarnya.*