Tanggal Tua? Ini Dia Tips untuk Berhemat!

Katuju.id - Bekerja setiap hari, tujuan kita adalah untuk mencari uang demi sesuap nasi. Seberapa besar pun gaji kita, kita harus tetap bersyukur dan kita juga harus siap untuk menghadapi tanggal tua. Setiap orang yang bekerja pasti akan mengalami yang namanya tanggal tua. Tanggal tua itu adalah tanggal dimana keuangan kita menipis sementara gajian belum juga kunjung datang. Oleh karena itu, penting sekali agar Anda berhemat ditanggal tua. Mungkin, tips berikut ini dapat membantu Anda untuk berhemat ditanggal tua.

Pikirkan Jauh-Jauh Hari

Tips pertama yang bisa Anda coba agar Anda bisa bertahan sampai tanggal tua adalah memikirkan semuanya jauh-jauh hari. Jadi, ketika Anda menerima gaji diawal bulan, sebaiknya Anda memperhitungkan pengeluaran untuk sebulan. Ada baiknya Anda belanja bulanan dan pastikan belanjaan tersebut bertahan sampai gajian berikutnya. Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah menabung sedikit demi sedikit. Misalnya, Anda bisa menyisihkan uang kembalian untuk disimpan di dalam kotak tabungan. Di akhir bulan, Anda boleh membukanya jika sudah dalam keadaan darurat.

 

Jangan Jajan Sembarangan

Ketika Anda memasuki hari-hari dimana keuangan Anda mulai menipis, ada baiknya jika Anda tidak jajan sembarangan. Jika diawal bulan Anda sering makan di KFC atau McDonald atau di restoran mahal lainnya, sebaikya di akhir bulan Anda tidak usah jajan sembarangan. Jika Anda tidak terbiasa makan di rumah, sebaiknya Anda mencari kedai makan yang murah seperti warteg atau nasi padang saja. Kemudian, Anda juga harus memilih lauk yang sederhana tapi tetap bergizi.

 

Masak dan Makan Di Rumah

Mungkin, Anda masih hidup sendiri tanpa seorang istri sehingga Anda tidak biasa memasak sendiri. Tapi, tidak ada salahnya jika Anda mencoba memasak makanan sendiri ketika tanggal tua tiba. Masak sendiri bisa menekan pengeluaran Anda. Bayangkan, jika Anda membeli beras sekilo, maka Anda bisa bertahan hingga 4 hari. Sementara itu, Anda juga bisa memilih lauk sendiri dengan porsi yang secukupnya. Misalnya, Anda bisa menggoreng telur mata sapi untuk sarapan pagi. Untuk makan siang, Anda bisa makan di kantin kantor Anda. Saat malam tiba, Anda bisa makan di rumah dengan memasak mie instan atau menggoreng ikan asin.

 

Hemat Kuota Internet Anda

Hidup tanpa internat bagaikan makan tanpa garam. Internet sudah menjadi bumbu kehidupan bagi semua orang. Akan tetapi, disaat tanggal tua, Anda akan berfikir dua kali untuk membeli internet karena harganya cukup mahal. Oleh karena itu, Anda bisa menghemat kuota internet Anda hingga bulan depan. Caranya, Anda bisa mematikan paket data Anda saat Anda tidak membuka internet atau saat malam tiba. Jangan membuka situs YouTube atau menonton video streaming terlalu sering. Kemudian, selalu cek kuota internet Anda. Jika internat Anda habis, bertahanlah hingga bulan depan. Lebih baik Anda keluar rumah untuk mencari WiFi gratis daripada harus membeli kuota. Uang Anda harus dijaga untuk keperluan makan Anda.

 

Jangan Berhutang Kepada Teman

Berhutang bukan solusi terbaik untuk bertahan atau berhemat di tanggal tua karena hutang wajib Anda bayar. Ingatlah bahwa Anda bisa saja tergoda menggunakan uang pinjaman tersebut untuk hal-hal yang tidak pentiing. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda tidak berhutang dan lebih memilih bertahan dengan keuangan yang ada. Jika Anda memilih berhutang, ada banyak godaan di depan mata. Misalnya, setelah Anda mendapatkan pinjaman dari teman, Anda malah menggunakan uang tersebut untuk foya-foya. Bayangkan, ketika gajjian bulan depan, Anda harus melunasi hutang Anda dan gaji Anda pun akhirnya berkurang.

 

Sering Main ke Rumah Saudara

Apakah Anda tinggal dilingkungan yang dekat dengan saudara atau sanak keluarga Anda seperti paman dan bibi atau orang tua? Ini bisa menjadi cara berhemat di tanggal tua paling jitu yang mana Anda harus sering bermain-main kerumah saudara Anda untuk silaturahmi atau sekedar melepas makan malam. Biasanya, Anda makan malam menghabiskan uang 15.000 rupiah, tapi saat Anda datang kerumah saudara Anda, Anda bisa dapat makan gratis. Semakin banyak sanak keluarga Anda yang dikunjungi, maka semakin banyak uang yang dapat Anda simpan.

 

Hidup dengan Apa Adanya

Mungkin, hanya tinggal 5 hari lagi baru gaji Anda akan turun. Tapi, 5 hari kedepan tampak menyiksa karena keuangan Anda benar-benar menipis. Inilah saatnya untuk Anda berhemat ditanggal tua dengan hidup apa adanya. Maksdunya, Anda harus bisa mengurangi pemborosan atau hidupnya seperti orang zaman dulu. Biasanya, Anda membeli minum dari air galon, tapi saat ini Anda bisa mencoba memasak air minum sendiri. Atau saat Anda terbiasa nonton TV sampai pagi, sebaiknya Anda tidak usah menonton TV saat malam tiba agar hemat listrik. Tidak usah membeli snack atau camilan karena selain membuat Anda gemuk, hal tersebut juga merupakan pemborosan.

 

Kurangi Hang Out Bareng Teman

Hangout atau jalan-jalan malam bareng teman merupakan salah satu pemborosan yang harus Anda hindari disaat-saat tanggal tua. Anda tidak pernah tahu berapa uang yang akan Anda habiskan hanya untuk foya-foya. Saat tanggal muda, hangout bareng teman tidak jadi masalah, tapi saat tanggal tua, ini bisa menjadi hal yang mengerikan. Lihat isi dompet Anda dan pastikan Anda bisa bertahan hingga gajian bulan depan. Oleh karena itu, tolak semua ajakan teman Anda yang mengajak Anda untuk dugem atau bersantai di cafe. Jika Anda gengsi, Anda bisa memberikan alasan yang masuk akal.

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.