5 Modal Sukses yang Harus Didapatkan Setelah 5 Tahun Bekerja

Katuju.id - Siapa pun pasti ingin memiliki karier yang berkembang dan awet dalam waktu yang lama. Semua dimulai sejak masih menempuh pendidikan baik di sekolah menengah ataupun di perguruan tinggi. Banyak yang dipersiapkan mulai dari ilmu,skill sampai dengan tekad yang kuat untuk bisa menjadi sukses.

Namun, sukses bukan sekadar berada pada posisi atau jabatan yang aman dalam sebuah perusahaan atau instansi. Ada hal yang nyatanya harus bisa kita dapatkan jika sudah bekerja selama 5 tahun awal.

Apa saja ya kira-kira yang bisa kita jadikan modal untuk lebih sukses?

1. Pengalaman kerja yang lebih beragam

5 Modal Sukses yang Harus Didapatkan Setelah 5 Tahun Bekerja

Selama 5 tahun awal bekerja, mungkin akan kita anggap sebagai penyesuaian. Tapi sesungguhnya ini cukup lama untuk sekadar mengenal apa yang kita kerjakan dan lingkungan tempat kita mencari nafkah. Pada akhirnya kita harus bisa meraup banyak pengalaman selama 5 tahun kita bekerja.

Meski pekerjaanmu saat ini lebih banyak membuatmu duduk diam di depan layar dengan tumpukan berkas yang harus diselesaikan, tapi bukan berarti kamu tidak bisa mengerjakan lainnya.

Kamu tetap bisa mencari pengalaman kerja lain yang membuatmu tertarik dan bersemangat mengerjakannya. Tawarkan bantuan kepada rekan kerja yang kamu rasa ingin kamu gali ilmu dan pengalaman darinya.

Tanpa malu-malu, kamu akan mendapatkan banyak pengalaman dan tidak hanya mengeluh karena bosan dengan satu tugas yang sama.

2. Relasi yang jauh lebih luas

5 Modal Sukses yang Harus Didapatkan Setelah 5 Tahun Bekerja

Bekerja bukan hanya membuat kita mendapatkan gaji dan pengalaman saja. Tapi juga mendapatkan banyak relasi yang tidak kita miliki sebelumnya. Relasi selama bekerja membuatmu jauh lebih mudah saat membutuhkan bantuan. Bahkan bisa jadi akan menjadi partner untuk mendirikan usahamu sendiri nantinya.

Selama 5 tahun bekerja, jangan membatasi diri dari pergaulan. Selagi kamu merasa orang itu membawa kebaikan untukmu, jangan ragu untuk bersamanya. Niat baik kalian akan memberikan banyak keuntungan untuk masa depan. Mulai dari ilmu, pengalaman, atau bahkan mungkin kesempatan untuk lebih berkembang.

3. Attitude atau perilaku yang semakin lebih baik

5 Modal Sukses yang Harus Didapatkan Setelah 5 Tahun Bekerja

Wajar jika di awal tahun bekerja kamu masih harus beradaptasi dengan banyak hal dalam dunia kerja. Tapi setelah 5 tahun harusnya kamu sudah mampu mengelola dirimu untuk memiliki attitude  atau perilaku yang lebih baik lagi.

Mulai dari kedisiplinan waktu, ketelitian dalam menyelesaikan tugas, hingga hati yang lebih besar untuk menghadapi orang-orang dengan berbagai karakter yang berbeda. Kamu mungkin masih akan banyak belajar mengatur perilaku.

Tapi seiring berjalannya waktu, perilaku yang semakin baik akan membantumu untuk menjadi pribadi yang lebih tangguh di masa depan.

4. Tahu cara terbaik untuk berinvestasi

5 Modal Sukses yang Harus Didapatkan Setelah 5 Tahun Bekerja

Bekerja memang memberimu penghasilan, tapi bukan berarti hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginanmu saja. Ada hal yang harus kamu persiapkan untuk masa depan, misalnya saja dengan berinvestasi.

Banyak model investasi yang bisa kamu lakukan. Misalnya saja dengan membuka usaha baru, menanam modal atau investasi barang mewah, hingga berinvestasi melalui asuransi dan melanjutkan pendidikanmu.

Meski tak terlihat nilainya saat ini, namun investasimu akan membantu saat kamu membutuhkannya di masa depan. Tidak ada yang menjamin apakah kamu akan memiliki uang yang cukup untuk melanjutkan hidup di masa depan. Itu sebabnya, semua harus dipersiapkan sejak dini.

5. Keberanian mengambil kesempatan lain

5 Modal Sukses yang Harus Didapatkan Setelah 5 Tahun Bekerja

Setiap orang memiliki impian yang berbeda tentang masa depannya. Ada yang ingin fokus mengembangkan karier di bidang yang ditekuni sejak awal. Tapi ada pula yang ingin mencoba menjalankan usaha baru dengan modal yang dimilikinya sejak lama.

Kamu pun begitu, bisa memilih akan melanjutkan karier secara profesional, atau memilih membangun bisnismu sendiri. Semua bisa kamu persiapkan sejak usia kariermu berjalan 5 tahun. Sebab, di sini modalmu mulai siap digunakan.

Meski bukan berarti kamu bisa lebih santai dari sebelumnya, tapi kamu akan tahu bahwa masa depanmu siap kamu jalani sejak dini.

Sumber : Line Today

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.