5 Manfaat Datang Lebih Awal ke Tempat Kerja, Siap Terapkan?

Katuju.id - Mungkin kamu pernah merasakan betapa paniknya ketika harus berlarian kecil hanya untuk melakukan absensi tepat waktu di tempat kerja. Atau barangkali kamu tahu betapa jengkelnya terkena macet di jalan, lalu mendapat teguran HRD karena keterlambatanmu itu.

Sebenarnya, situasi demikian tidak akan pernah terjadi jika kamu mau mengatur waktu untuk tiba lebih awal. Bukan hanya berpengaruh pada absensi kerja saja lho, ada manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dengan datang lebih awal ke tempat kerja.

Seperti apa? Mari simak ulasannya!

 

1. Punya waktu lebih untuk perhatikan penampilan

5 Manfaat Datang Lebih Awal ke Tempat Kerja, Siap Terapkan?

Penampilan dalam bekerja akan meningkatkan kepercayaan dirimu di tempat kerja. Dengan keputusanmu untuk tiba lebih awal dari jam kerja, kamu akan memiliki banyak waktu untuk membenahi penampilanmu. Well, penampilan yang rapi dan senantiasa terjaga akan membuatmu nyaman untuk bekerja. 

2. Anti panik, mood kerja lebih baik

5 Manfaat Datang Lebih Awal ke Tempat Kerja, Siap Terapkan?

Datang lebih awal membuatmu tiba di tempat kerja dengan tenang tanpa perasaan takut terlambat yang menghantui. Perasaan relax inilah yang akan menstabilkan mood kamu sepanjang hari. 

Berbanding terbalik dengan kebiasaan datang mepet sebelum jam kerja dimulai. Gak hanya berisiko terlambat, perasaan panik karena terburu-buru akan membuat moodkamu berantakan. Bahkan bisa jadi kurang berkonsentrasi saat bekerja.

3. Bisa fokus memulai kerja dalam suasana tenang

5 Manfaat Datang Lebih Awal ke Tempat Kerja, Siap Terapkan?

Selagi belum banyak rekan kerja yang datang dan mumpung belum ramai telepon berdering, ada baiknya kamu mulai aktivitas kerjamu. Situasi hening seperti ini akan membuatmu mudah fokus dan cepat menyelesaikan pekerjaan dengan minim kesalahan.

Sisa pekerjaan yang belum tuntas di hari kemarin juga bisa kamu kerjakan pada saat ini juga. Jadi kemungkinan kamu bisa pulang tepat waktu tanpa harus lembur untuk menyelesaikannya.

4. Bisa tentukan prioritas kerja tanpa buru-buru

5 Manfaat Datang Lebih Awal ke Tempat Kerja, Siap Terapkan?

Ada kalanya kamu masih bingung untuk menentukan pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Nah, saat kamu datang lebih awal untuk bekerja, kamu akan memiliki tenggang waktu untuk memilah-milah pekerjaan mana yang bersifat urgentdan mana yang tidak.

Kamu juga berkesempatan merancang skema kerja yang harus kamu selesaikan hari itu juga. Dengan cara ini, hanya akan ada kemungkinan kecil untuk melewatkan suatu pekerjaan. 

5. Menunjukan sikap profesionalisme dalam bekerja

5 Manfaat Datang Lebih Awal ke Tempat Kerja, Siap Terapkan?

Ketepatan waktu merupakan salah satu ciri profesionalisme dalam bekerja. Konsisten datang lebih awal di tempat kerja, membuat rekan kerja bahkan pimpinan menilaimu sebagai karyawan yang disiplin. Reputasi semacam ini akan menjadi nilai plus yang mana akan semakin melengkapi sederet prestasi yang telah kamu capai selama ini.

Nah, itu dia lima manfaat datang lebih awal ke tempat kerja. Ternyata selain untuk kebutuhan absensi kerja, datang lebih awal juga bisa meningkatkan kinerja seseorang. Kalau kamu bagaimana, sudah menerapkannya?

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.