Bubuhan Donor Darah Samarinda, Ubah Aksi Sosial Jadi Gaya Hidup

Katuju.id - Kesadaran akan hidup sehat yang semakin tinggi di zaman millenial ini semakin terasa disemua lapisan masyarakat, tidak hanya yang muda namun orang - orang dari berbagai kalangan usia juga sudah mengerti bahwa hidup yang sehat adalah hal mutlak yang inginkan oleh semua orang. Melihat peluang inilah maka salah satu komunitas sosial yang konsen pada gerakan sadar donor darah "Bubuhan Donor Darah Samarinda" mengajak kepada warga Samarinda untuk menolong sesama sekaligus merasakan manfaat sehat melalui sekantong darah yang mereka sumbangkan secara sukarela.

"Donor darah itukan bukan hanya membantu nyawa si penerima darah, namu sang pendonor pun juga akan merasakan manfaat sehat dari donor darah, salah satunya terhindar dari penyakit Jantung dan mengurangi resiko penyakit penyempitan pembuluh darah. Karena dengan rutin donor darah maka kita akan terhindar dari pengentalan darah yang berpotensi menyumbat pembuluh darah." Jelas Wahyu, anggota BDDS sekaligus juga relawan di PMI Kota Samarinda.  

Aksi ini tentunya tidak semulus jalan Tol, ada saja orang - orang yang curiga pada awalnya terhadap komunitas ini. "Awalnya ada yang mengira kita calo kantong darah, atau terkadang keluarga pasien berpikiran kalau kita adalah pendonor bayaran yang mencoba mengambil keuntungan dari keluarga pasien yang membutuhkan kantong darah." kelakar stephen, salah satu anggota BDDS.

Namun seiring dengan niat tulus komunitas ini, saat ini BDDS (Bubuhan Donor Darah Samarinda) telah memiliki anggota pendonor aktif yang cukup banyak. Ditambah lagi BDDS telah sering ikut terlibat dalam event donor darah yang dilakukan oleh perusahaan ataupun instansi - instansi swasta ataupun pemerintahan. Yang dimana setiap eventnya dikemas semenarik mungkin, sehingga bukan hanya para pendonor aktif saja yang ikut dalam kegiatan - kegiatan tersebut namun juga para pendonor pemula pun tertarik dengan kegiatan donor darah ini.

"Kita mencoba apresiasi para pendonor dengan memberikan mereka bingkisan terima kasih yang biasanya kita undi pada saat mereka selesai mendonor. Ya yang mereka dapat macam - macam, mulai dari Voucher diskon atau bahkan produk tertentu dari para sponsor, misal kompor gas, magic com dll." ujar Rara, Anggota BDDS yang telah ikut berdonor mulai tahun 2015 lalu. "Dan Dalam waktu dekat ini, tepatnya di hari Minggu, 11 November 2018, mulai dari jam 11 pagi. Kita kerjasama dengan Hypermart Plaza Mulia dan RBFM akan mengadakan kegiatan donor darah berhadiah juga. Mulai dari voucher gratis menginap dari Aston Samarinda hingga berbagai Produk Rumah Tangga dari Surya Jaya Houseware dan Miyako. Jadi sehatnya dapet, hadiahnya juga dapet, kan lumayan buat isi - isi rumah" kelakar mereka.

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.