Perlu Kembangkan UMKM? Kredible Solusinya

Katuju.id - Kredible merupakan Fintech peer to peer (P2P) lending  yang fokus pada pendanaan UMKM. Mengarah pada productive loan dengan pinjaman mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 2 miliar. Namun untuk sekarang ini baru bisa mengajukan pinjaman hingga Rp 25 juta saja.

Proses pengajuan cukup mudah, para peminjam (borrower) hanya perlu menggunakan aplikasi Kredible yang bisa di unduh lewat Play Store. Dengan menyertakan foto KTP, swafoto, jenis usaha dan laporan keuangan. Ditemui saat pelaksanaan Fintech Exhibition di Atrium Bigmall, Analyst and Compliance Manager Kredible, Felix Huang sebutkan keunggulan Kredible.

"Kita punya bunga yang cukup rendah, 0,99 % - 2,99 % dan tenor 3 sampai 6 bulan. Kita juga kerja sama dengan dua asosiasi UMKM di Indonesia, Akumandiri dan Wiranesia," jelas Felix.

Sedangkan untuk angsuran bisa disesuaikan tenor dengan ketetapan membayar tiap bulan atau per minggu. Hal ini dilakukan agar tidak memberatkan para pelaku usaha UMKM yang dinilai lebih gampang membayar angsuran per minggu.

Founder Kredibel sendiri berasal dari Indonesia yaitu Vincent Tandanu dan berkantor di Plaza Kuningan Tower Selatan, Jakarta Selatan. Kredible sendiri mulai dirintis sejak tahun 2018, namun untuk terdaftar dan diawasi oleh OJK mulai April 2019. Kini sedang mempersiapkan proses memperoleh izin dari OJK.

Sayangnya, saat ini layanan Kredibel baru bisa dinikmati di Jabodetabek saja. Pihaknya menyebut ke depan Kredible akan memperluas jangkauannya ke seluruh Indonesia, termasuk Samarinda.

"Untuk aplikasi masih Jabodetabek, tapi kalau gabung di asosiasi bisa mengajukan. Kedepannya (Samarinda) pasti bisa ya," tutupnya.

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.