Natal dan Tahun Baru, PUPR Gratiskan Tol Sepanjang 134,5 Km

Katuju.id - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan akan menggratiskan beberapa ruas jalan tol selama libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Total panjang jalan tol yang akan digratiskan mencapai 134,5 kilometer (km).

Tol tersebut terdiri dari jalan bebas hambatan fungsional atau belum jadi tapi sudah digunakan dan yang baru dioperasikan.

"Kalau fungsional tidak ada tarifnya. Totalnya 134,5 km," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Gedung DPR, Jakarta, Senin (2/12).

Menurut Basuki, penerapan kebijakan tersebut rencananya akan tersebar di beberapa ruas. Salah satunya,  di jalur yang terintegrasi dengan Tol Trans Sumatera, seperti Tol Kayu Agung - Palembang - Betung sepanjang 33 km, dan Tol Pekan Baru - Dumai sepanjang 9,5 km.

Selain itu, kebijakan juga akan diterapkan di ruas Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 66 km, dan Tol Manado-Bitung sepanjang 26 km. Untuk Tol Manado, Basuki menyebut Ruas tersebut sudah bisa digunakan untuk seksi satu, yakni ruas dari Manado menuju Danowudu.

Ruas tol lain, Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated sepanjang 36 km. Ruas tersebut rencananya akan diresmikan dan dioperasikan pada minggu ke-2 Desember 2019.

Tol tersebut akan digratiskan. Basuki kebijakan tersebut akan mengikuti waktu libur natal dan tahun baru.

"Insyaallah gratis nanti sampai selesai liburan Nataru," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul yang sama pada Selasa (3/12) pulul 07.55 WIB.

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.