Hemat Transaksi Antar Bank, Tukar ATM dengan Kartu GPN, Gratis

Katuju.id-Siapa nih yang suka ngeluh ketika harus bertransaksi antar bank? Mulai dari urusannya yang jadi ribet, karena nggak semua bank di Indonesia terkoneksi, sampai hal kecil seperti beban biaya transaksi yang dianggap memberatkan.

Menjawab keluhan ini, Bank Indonesia (BI) Mei lalu telah meluncurkan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) sebagai sebuah sistem pembayaran yang mengintegrasikan transaksi antar bank untuk memudahkan masyarakat yang melakukan pembayaran non tunai dengan kartu debit. Caranya, cukup dengan menukarkan kartu ATM lama anda dengan kartu GPN, di mana setiap bank yang beroperasi di Indonesia wajib mengadopsi sistem ini.

Nah, rangkaian sosialisasi kampanye Pekan GPN akan menyasar Samarinda mulai pekan depan. Ada tiga titik yang disiapkan bagi masyarakat untuk menukarkan kartu debit lamanya dengan kartu berlogo garuda ini. Ya, mulai 22 hingga 26 Oktober nanti, BI bersama seluruh bank yang beroperasi di Samarinda akan melayani penukaran kartu secara gratis, di tiga lokasi yang dipilih, yakni Kantor BI Samarinda, Taman Samarendah dan Balai Kota.

Secara umum kartu GPN menjadikan Indonesia bisa lebih menghemat biaya atau fee transaksi pembayaran yang menggunakan kartu debit. Hal ini dikarenakan biaya routing atau pemrosesan transaksi dilakukan sepenuhnya di dalam negeri. Di mana selama ini Indonesia masih menggunakan principal asing untuk routing transaksi non tunai. Yang bisa diartikan beban fee yang biasa dialami nasabah saat melakukan transaksi antar bank jauh lebih hemat dari biasanya.

Kemudian masyarakat juga akan diuntungkan dengan tidak harus memiliki banyak kartu debit. Karena selama ini kadang untuk pembayaran non tunai melaui kanal mesin EDC tidak semua kartu terakomodir. Kemudian biaya administrasi transaksi juga bisa ditekan, karena seluruh sistem pembayaran sudah terkoneksi, sehingga biaya yang dikeluarkan penyelenggara juga lebih murah.

Nah, tunggu apa lagi, catat tanggal dan tempatnya dan tukarkan kartu atm lama Anda dengan GPN.

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.