Crowdo, Agen Pinjaman Besar Tanpa Jaminan

Katuju.id - Crowdo hadir di Samarinda untuk mendukung kegiatan OJK Fintech Days 2019. Sebagai salah satu fintech peer to peer lending, Crowdo merupakan wadah bagi para pemberi pinjaman dan peminjam. CEO Crowdo Indonesia dijabat oleh Nur Fitriani. Pusat kantor terletak di Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat.

Crowdo dikhususkan menyasar pada productive loan, seperti halnya membantu para pemilik usaha atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memerlukan pendanaan. Dana yang bisa dipinjam cukup besar, mulai dari Rp 25 juta hingga Rp 2 miliar sesuai dengan ketentuan OJK.

Syarat yang harus dipenuhi adalah, cash flow, buku tabungan, rekening koran, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Jangan khawatir, tidak akan diminta jaminan dalam bentuk apapun.

"Jadi kami enggak ada jaminan, on paper aja semuanya," kata Markering Crowdo, Merdias Ananda saat ditemui di booth Crowdo, Rabu (4/8).

Saat ini Crowdo sudah tersebar ke tiga negara, yaitu Indonesia, Singapura dan Malaysia. Untuk di Indonesia, Crowdo mulai aktif beropreasi sejak 2015 lalu. Sudah terdaftar di OJK dan tengah mengupayakan pembuatan izin dari OJK. Tak sampai disitu, Crowdo juga sudah terdaftar di OJK Singapura dan Malaysia.

Crowdo juga dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan yang dibangun sendiri untuk menyortir UMKM yang akan meminjam. Sehingga tidak semua UMKM bisa lolos seleksi, hanya yang sesuai dengan kriteria Crowdo yang bisa lolos. Untuk lenders bisa mendapatkan bungan 24 persen pertahun.

"Enggak sembarangan lah, soalnya kami harus melindungi lenders juga. Kami juga ada personal guarantee dari borrower jadi aman," tutupnya.

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.